Rabu, 19 Juli 2023

Menyaksikan Ritual Adat Seblang Bakungan, Banyuwangi


Banyuwangi memang terkenal sebagai Kabupaten Penari karena punya banyak seni tari sehingga tak aneh kalau KKN Desa Penari ada di Banyuwangi. Salah satu yang terkenal adalah Tari Gandrung yang sering dipentaskan dalam acara desa, penyambutan tamu juga pementasan sendratari Gandrung Sewu. Selain pementasan ada juga tarian tradisi adat untuk syukuran desa yaitu Seblang. Seblang Olehsari dan Seblang Bakungan.

Setelah Idul Adha ada beberapa desa yang mengadakan syukuran desa, seperti Desa Bakungan yang melakukan Syukuran Desa dengan mengadakan Ritual Seblang Bakungan. Seblang Bakungan ini sama seperti Seblang Olehsari yaitu Upacara Adat Syukuran desa dengan tari Seblang yang Penarinya telah dipilih turun temurun dalam satu garis keluarga. Bedanya pada Seblang Bakungan yang menari adalah orang tua sedangkan di Seblang Olehsari penarinya adalah anak-anak yang belum Baligh. Persamaannya adalah saat menari Seblang, penarinya tidak sadarkan diri atau Kerasukan.


Upacara ritual adat Seblang Bakungan mempunyai makna ;  Seblang  adalah singkatan dari “Seb = meneng ; Lang = langgeng ” meneng ( diam ) dan langgeng  ( dalam keadaan trans ) selama kurang lebih empat jam  sampai  usainya pertunjukan , dalam kondisi trans Mbah Supani  ( 70 tahun ) melakukan ritual penghormatan terhadap Dewi Sri dan arwah-arwah leluhur yang masih diyakini oleh masyarakat Bakungan  ikut menjaga keseimbangan alam dan lingkungan sekitarnya.


Sesaji dan Bunga Darmo untuk Upacara Ritual Seblang Bakungan

Desa Bakungan terletak dekat dengan pusat kota, biasanya orang-orang yang ingin ke Stasiun Banyuwangi Kota ( Stasiun Karangasem) melewati Desa Bakungan ini. Kuliner Nasi Tempong Mbok Wah, dan Bakso Pak Syaiton pun berada di Desa Bakungan. Nantinya Tari Seblang Bakungan diadakan di Balai Desa Bakungan pada malam hari setelah Waktu Magrib.

Pawai Obor di Desa Bakungan, Banyuwangi

Biasanya sebelum gelap, warga sudah siap-siap di depan rumahnya menggelar tikar, menata hidangan yang sudah dipersiapkan. Biasanya ada Pecel Pitik, Ayam Lodoh (mirip Lontong Opor), jajanan pasar dan hidangan lain sesuai selera dari pemilik rumah. Setelah Waktu Magrib biasanya ada Ider Bumi dan pawai obor keliling desa yang dilakukan oleh anak-anak yang didampingi oleh beberapa orang dewasa. Setelah itu diadakan doa bersama lalu makan bersama. Makan bersama ini bisa semalaman karena nanti ada saudara-saudara yang berdatangan.

Setelah waktu Isya biasanya Penari Seblang Bakungan sudah keluar dan bersiap melakukan tari ritual Seblang. Para Pawang mulai membacakan Mantra Gending. Suara pelantun Mantra gending pun begitu khas dengan serak-seraknya membuat nuansa mistik makin terasa. Penari Seblang sudah menutup mata dan mulai menari mengikuti irama dan gending yang dilantunkan.


Seblang Bakungan mulai menari

Penari Seblang Bakungan tahun 2023 diperankan oleh Mbah Isah, adik dari Penari Seblang Sebelumnya Mbah Sup yang meninggal pada tahun 2022. Penari Seblang Bakungan ini dipilih harus dari satu garis keturunan dan Mbah Sup ini adalah keturunan dari Mbah Misnah yang sudah pensiun karena sudah tua.  Menurut saya, Mbah Isah juga sudah tua, namun tetap siap menjadi Seblang untuk ritual adat Seblang Bakungan.

Panitia Upacara Adat Seblang Bakungan menjual Kembang Darmo

Dalam ritual Tari Seblang di Seblang Bakungan ini, Mbah Isah menari selama kurang lebih empat jam. Dalam menari Seblang, penari dalam kondisi tidak sadarkan diri atau kerasukan, sehingga Tari Seblang sering dijuluki sebagai tarian Mistik atau The Mystic Dance. Pada gending bernama Kembang Gadung para penonton berebut membeli bunga darmo yang dipercaya mempermudah mendapatkan jodoh, obat penyakit, penyubur tanaman dan lahan.

Penari Seblang terus menari-nari mengukuti lantunan gending yang dilantunkan oleh penyair dan musik penggiring. Penonton juga tetap tenang dan antusias menyaksikan Mbah Isah menari sepanjang malam hingga Tari Seblang Usai.


Upacara Ritual Adat Seblang Bakungan bisa kalian saksikan biasanya seminggu setelah lebaran haji atau Idul Adha. Biasanya akan ada banner digital pengumuman dari pihak Pemda Banyuwangi atau desa setempat tentang Upacara Adat Seblang Bakungan ini.


Tertarik nonton Seblang Bakungan tahun depan?


1 komentar:

  1. belum pernah nonton festival seblang secara langsung, kalau nonton tariannya dalam kondisi penarinya nggak kerasukan udah pernah di sanggarnya. Memang seru dan menarik ini menurutku, karena masih terus diletarikan sampe sekarang

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search